Persiapkan KKN-KIPSM, PIPSM Taja FGD

Kampus IAITF – Dumai, 15 Juni 2024 – Pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) teknis Kuliah Kerja Nyata-Khazanah Islam Pesisir Selat Melaka (KKN-KIPSM) yang diadakan oleh Perhimpunan Ilmuan Pesisir Selat Melaka (PIPSM) telah sukses dilaksanakan pada Sabtu, 15 Juni 2024. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid dengan peserta yang hadir secara daring melalui platform Zoom dan secara langsung di aula lantai II IAITF Dumai. Peserta terdiri dari AJK, Dosen Pembimbing Lapangan dan mahasiswa yang berasal dari Kampus Dumai Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin (IAITF), UIN Suska Riau, STAIN Mandailing Natal dan UiTM Melaka.

Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB ini bertujuan untuk mematangkan persiapan KKN-KIPSM yang akan dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama, yaitu tahap persiapan, akan berlangsung dari tanggal 15 hingga 23 Juli 2024 secara daring di tempat masing-masing peserta. Tahap kedua, yaitu tahap pelaksanaan, akan diadakan dari tanggal 24 Juli hingga 3 Agustus 2024 di Dumai dan Melaka. Tahap terakhir, yaitu tahap publikasi ilmiah, akan dilaksanakan dari tanggal 4 hingga 24 Agustus 2024 juga secara daring di tempat masing-masing.

Dalam FGD tersebut, panitia membahas detail teknis dan logistik yang perlu diperhatikan oleh peserta. Termasuk di dalamnya adalah pembayaran biaya sebesar Rp. 6.999.000 per individu yang harus diselesaikan paling lambat tanggal 24 Juni 2024, dengan pengiriman bukti transfer ke nomor WhatsApp panitia yang telah ditentukan. Serta potongan sebesar Rp. 1.000.000 untuk peserta KKN-KIPSM yang tidak bisa memulai keberangkatan dari Dumai.

Kegiatan di Melaka yang akan berlangsung dari tanggal 25 Juli hingga 3 Agustus 2024 akan dilaksanakan di Masjid Kampung Hulu, Kampus UiTM Melaka, dan Kompleks Al-Khawarizmi Tanjung Bidara. Berbagai aktivitas seperti kunjungan ke destinasi wisata, kerja bakti, dan seminar ilmiah akan menjadi bagian dari program tersebut.

Peserta KKN-KIPSM juga akan difasilitasi dengan transportasi dan penginapan selama kegiatan di Melaka. Selain itu, tiket pulang pergi melalui Pelabuhan Dumai dan penginapan satu malam bagi peserta luar kota Dumai pada tanggal 24 Juli 2024 juga disediakan oleh panitia.

Dengan suksesnya pelaksanaan FGD ini, diharapkan seluruh peserta dapat lebih siap menghadapi kegiatan KKN-KIPSM yang akan datang. Panitia mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerjasama semua pihak yang terlibat dalam persiapan kegiatan ini.

Sekjen PIPSM, Dr. H. M. Rizal Akbar S.Si, M.Phil, mengakhiri FGD dengan ucapan terima kasih kepada semua peserta dan berharap kegiatan KKN-KIPSM dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *